Top 5 Tips untuk Perencanaan Strategis dalam Perusahaan Virtual

Perencanaan Strategis dalam Perusahaan Virtual

Dengan anggota tim yang berlokasi di seluruh dunia, organisasi virtual ditantang oleh logistik perencanaan strategis yang efektif. Namun, perencanaan dengan perusahaan jarak jauh benar-benar dapat menjadi manfaat. Bila tidak terperosok ke dalam menggiling kantor sehari-hari, Anda dan tim memiliki kemampuan untuk membawa, perspektif yang jelas segar untuk perencanaan strategis. Berikut adalah 5 tips untuk merencanakan secara efektif dan efisien untuk tahun depan.

1. Berhenti, menganalisis dan menyerap.

Bahkan sebelum berpikir tentang perencanaan untuk masa depan, harus terlebih dahulu menganalisis masa lalu. Kedengarannya seperti tak punya otak, kan? Tapi kegembiraan apa yang ada di depan untuk sebuah perusahaan dapat membayangi kebutuhan untuk secara kritis mengevaluasi apa hal-hal berjalan dengan baik tahun-dan terakhir terutama hal-hal apa tidak.

Organisasi virtual memiliki tugas tambahan mengevaluasi bagaimana operasi jarak jauh berfungsi tahun itu.

Luangkan waktu untuk mengevaluasi bagaimana perusahaan berkinerja sebagai organisasi virtual. Struktur perusahaan kadang-kadang berubah sebagai organisasi konfirmasi tumbuh bahwa status virtual terus menjadi pas untuk perusahaan.

2. Mengumpulkan data dan wawasan dari tim.

Konsultasi dengan pemimpin tim setiap hari tetapi banyak eksekutif percaya bahwa perencanaan strategis adalah fungsi eksekutif saja. Jika tidak melibatkan para pemimpin dalam perencanaan, Anda kehilangan sumber daya yang paling berharga.

Pemimpin tim memiliki perspektif unik yang mungkin tidak mendengar di hari-hari percakapan. Di kantor tradisional, ide-ide sering dibahas santai saat istirahat atau ‘obrolan air dingin’. Karena lingkungan tidak memungkinkan untuk itu, lakukan upaya untuk mengumpulkan wawasan mereka dan mengevaluasi bagaimana sejalan dengan visi untuk tahun mendatang.

3. Komunikasikan visi dengan jelas.

Hal ini dapat menjadi perjuangan untuk mencari tahu bagaimana untuk mencakup semua anggota tim manajemen dalam perencanaan strategis tanpa tradisional, di-orang ‘pertemuan pikiran’.

Salah satu cara untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan memastikan visi perusahaan jernih dan diperkuat sepanjang tahun. Hal ini memungkinkan tim untuk bekerja di lokasi yang berbeda namun masih memiliki tujuan akhir yang sama dalam pikiran. Hasilnya adalah keselarasan alam yang menjamin setiap orang bergerak ke arah yang sama dan memahami keberhasilan bagaimana dampak peran mereka perusahaan dari perspektif tingkat tinggi. Ketika merencanakan waktu tiba, semua orang jelas tentang tujuan perusahaan yang menjamin efisiensi seluruh proses.

4. Rencana dimuka tapi terbuka untuk berubah.

Perencanaan sangat penting, tapi itu tidak berarti mengikuti rencana membabi buta. Fleksibel dan tetap menutup mata pada bagaimana bisnis ini tampil dalam kaitannya dengan tujuan Anda. Jika hasilnya tidak sejalan, mengapa akan tetap pada rencana yang sama?

Jika membuat perubahan (seperti menerapkan proses baru atau sistem), pastikan untuk melakukan selama ini paling mengganggu untuk bisnis. Selama waktu sibuk, sangatlah bijaksana untuk menjauh dari membuat perubahan besar. Itu adalah ketika semua tangan harus di dek untuk tetap fokus pada apa yang perlu bisnis pada saat itu.

5. Membuat perencanaan strategis proses terikat waktu.

Perencanaan tahunan untuk banyak perusahaan melibatkan ‘strategis duduk’ di mana eksekutif menghabiskan hari-hari di ruang konferensi, akhirnya muncul dengan rencana akhir. Itu bukan satu-satunya (atau yang terbaik) cara untuk melakukan ini. Pemilik organisasi virtual tahu tidak perlu berada di ruangan yang sama untuk secara efektif mengkomunikasikan ide dan merumuskan rencana.

Membuat perencanaan strategis proses kolaboratif (bukan satu yang dilakukan, sesi lengkap) tapi pastikan itu terikat waktu. Jelas perhatikan tanggal mulai, tanggal akhir dan tonggak yang duduk dalam kerangka waktu. Pastikan anggota tim memiliki cukup waktu untuk benar-benar memikirkan segalanya tapi tidak begitu banyak waktu mereka menjadi lumpuh.

Perencanaan strategis yang besar membuat perusahaan untuk sukses, memperbaiki struktur dan arah tim virtual, memperkuat rasa tim memiliki dan menciptakan strategi dan tindakan yang efektif untuk tahun depan.